Apa itu Boiler?

Mo sharing sama temans ni, mudah2an dapat bermanfaat.
Apa itu Boiler? Yah, mungkin teman2 ada mendengar kata-kata boiler, sekarang saya mau ulas sedikit mengenai boiler. Boiler adalah sebuah unit pembangkit listrik tenaga uap yang biasanya ada di perusahaan2 proses pengolahan CPO, sement, Pulp, Paper dll.

Saya pernah mendapat sebuah training, Boiler itu ada yang disebut dengan water tube boiler dan ada pula yang jenisnya fire tube boiler. Kalo saya tidak salah, yang biasa dipake itu water tube boiler, karena unsure keamanannya yang lebih dibandingkan dengan jenis yang satu lagi.

Karena saya kerjanya di pabrik kertas dan boilernya terdiri atas 2 jenis yaitu Recovery Boiler dan Power Boiler. Namun pada saat saya ditugaskan di sebuah anak perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan CPO, saya menjumpai jenis boiler yang agak berbeda, kapasitas boilernya lebih kecil dan lebih sederhana, namun prinsip kerja boiler nya tidak terlalu jauh berbeda.

Ok, sedikit mengenai recovery boiler. Recovery Boiler adalah sebuah unit yang sangat penting bagi sebuah perusahaan kertas. Boiler ini berfungsi untuk menghasilkan uap kering dengan temperature sekitar 160oC dengan tekanan tinggi. Uap kering yang biasa disebut dengan dry steam ini akan dikirin ke sebuah unit generator yang nantinya akan menghasilkan listrik guna menjalankan semua mesin yang ada didalam pabrik.

Recovery Boiler biasa juga disebut dengan chemical recovery. Kenapa? Karena Recovery Boiler sebenarnya melakukan daur ulang dari sisa chemical2 (Weak Black Liquor) dari sebuah proses pemasakan kayu. Sisa chemical dari proses tersebut diuapkan dengan menggunakan sebuah unit yang disebut Vacuum Evaporator. Sisa liquor yang hanya terdiri dari 18% solid dan 82% Air akan diuapkan hingga komposisinya berbalik yaitu Solid nya menjadi 82% dan kadar air 18%. Liquor yang telah diuapkan akan berubah bentuknya hingga menjadi kental, liquor yang telah mengental disebut dengan Heavy Black Liquor. Liquor yang telah mengental ini akan dijadikan sebagai bahan bakar di recovery boiler. Liquor tersebut di semprotkan pada bagian bawah furnace (ruang bakar) yang ada didalam boiler. Hal ini akan menghasilkan panas yang dapat mengubah air menjadi uap.

Untuk menghasilkan uap kering, Air yang telah dimurnikan dialirkan kedalam tube-tube yang ada didalam boiler, selanjutnya panas yang berasal dari pembakaran liquor akan menguapkan air. Heat transfer terjadi melalui dinding2 tube tersebut. Selajutnya steam tersebut akan dikirim ke generator.

Demikian sedikit mengenai recovery boiler. Semoga bermanfaat dan silakan juga bagi temans yang mau menambahkan. :-)

4 responses to “Apa itu Boiler?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s