Langkah-Langkah Audit Internal Operasional dalam Organisasi

Mo Share lagi sama kawans semua, berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan audit internal operasional dalam organisasi, jika kawans ada masukan juga boleh nambahin… :)

1. Preliminary Survey
Yang pertama yang harus kita lakukan dalam mengaudit adalah melakukan prelimanary survey. Step ini untuk memahami aliran proses dari sebuah bisnis unit untuk mengidentifikasi risiko-risiko apa saja yang mungkin terjadi dalam setiap aktivitas. Disini sangat dibutuhkan kerjasama team dan orang dengan disiplin ilmu yang berbeda juga diperlukan.

2. Opening Meeting
Setelah kita mengetahui dan mengidentifikasi risiko-risiko yang ada, saatnya kita bertemu dengan auditee untuk memberitahukan kepada mereka bahwa akan dilaksanakan audit operational di department mereka. Disini auditor akan menerangkan kepada auditee tentang maksud dan tujuan dari pelaksanaan audit dan auditor juga akan menanyakan concern-concern yang mungkin ada dari auditee. Auditor akan menunjukkan surat tugas sebagai bukti pengesahan terhadap pelaksanaan audit.

3. Field Work
Pada tahap ini auditor akan meminta data-data yang dan report-report apa saja yang di keluarkan oleh auditee. Auditor akan menganalisa data tersebut untuk melihat apakah ada kemungkinan penyimpangan baik dari proses maupun data-data yang disajikan. Auditor akan mengkonfirmasi ke auditee jika ternyata ada penyimpangan. Konfirmasi sebaiknya diusahakan dalam bentuk tertulis sehingga bisa dijadikan sebagai bukti.

4. Reporting
Setelah proses analisa data selesai dan didapatkan beberapa temuan, temuan2 tersebut di kumpulkan dan ditulis dalam satu bentuk report yang standard yang telah ditentukan sebelumnya. Report yang tediri dari temuan2 tadi dilengkapi dengan tingkat risikonya seperti High, middle atau low risk dan juga rekomendasi untuk perbaikan sehubungan dengan temuan tersebut.

5. Closed out meeting
Tahap ini auditor akan mendiskusikan dengan auditee mengenai temuan2 tadi. Mengkonfirmasi lagi dengan meminta action plan dan tenggat waktu untuk melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh auditor.

Demikian. semoga bermanfaat. :-)

About these ads

4 responses to “Langkah-Langkah Audit Internal Operasional dalam Organisasi

  1. mcmane kalo saya nak tau step audit bagi di ladang?? adekh same mcm yg awk huraikn??contoh mcm risda..sy audit di risda holdings..so sy diarhkn prgi audit di ldg sawit..ape prlu yg sy lakukan?? tolong jelaskn… tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s