Aurat Laki-laki

Mau mengingatkan lagi bagi teman2 yang laki-laki. Saya sering melihat bapak2, adek2, teman sebaya yang laki2 yang sering menggunakan pakaian yang sering mempertontonkan udel, perut dan paha. Mungkin pemandangan seperti ini sering teman2 melihatnya. Bisa di pinggir jalan, di warung, restoran, swalayan, sekolah dsb. Bagi kita kaum laki-laki, mungkin hal ini sudah lumrah atau biasa. Mungkin karena sudah terbiasa juga, apalagi bagi para laki2 yang berdomisili di daerah yang cuacanya termasuk panas. Buka baju atau hanya memakai baju dalam pun sudah terbiasa. Namun, tahukan teman2 batas aurat laki2 itu sampai dimana?

Wanita juga mempunyai aurat yang harus ditutup, yak, laki2 pun juga mempunyai aurat yang harus ditutupi. Apa itu Aurat?
Aurat adalah bagian tubuh yang tidak boleh dilihat oleh siapapun kecuali orang-orang yang sudah menjadi muhrim kita. Bagi perempuan, semua bagian tubuh adalah aurat kecuali telapak tangan dan muka. Selain 2 bagian tersebut, semuanya harus ditutup.

Bagaimana dengan laki2? Apa saja bagian tubuh laki2 yang harus dijaga?
Kita laki2 juga mempunyai aurat. Aurat laki2 tidak sebanyak perempuan. Aurat laki2 adalah dari daerah dari pusar hingga lutut. Bagian tersebut harus ditutupi dan tidak boleh dipertontonkan kepada orang lain, baik itu perempuan maupun laki2, kecuali orang2 yang termasuk kepada muhrim kita yaitu, orang tua, istri, anak. Namun karena norma kesopanan, alangkah baiknya jika kita berpakaian yang menutup aurat ketika kita berada di dekat orang tua dan anak2.

Adakah dosa bagi orang2 yang tidak menjaga auratnya? Yup ada, tentu saja pahala dari amalan2 baik yang telah kita laksanakan selama ini akan terkikis karena dosa yang kita buat karena tidak menjaga aurat yang seharusnya ditutup dengan baik.

So, Sudahkah teman2 menjaga Aurat? Maukah teman2 tabungan pahala untuk akhiratnya terkikis?

Semoga bermanfaat.

About these ads

5 responses to “Aurat Laki-laki

    • Bole saja, asalkan aurat tertutup, tapi kan mas mo menghadap Allah yang maha kuasa, ke mall aja pake pakaian yang keren dan rapi, nah sekarang mo menghadap ke Yang Maha Kuasa pake kaus dalam saja,,,sebanding apa ga…ayo gimana…salam kenal :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s