Tips: Mengenal Karakter Anak

Create your own banner at mybannermaker.com!

Mau share ke teman-teman semua sekalian saya juga mau berpartisipasi dalam memeriahkan ulang tahun pernikahan salah satu blogger yaitu mas Arief Bayoe Sapoetra. Berikut saya punya tips dalam mempersiapkan dan mengenal karakter anak. Ini dia tulisannya. :-)

Perhatikan cara memperoleh anak
Anak adalah pelita hati. Anak selalu didamba-dambakan oleh setiap pasangan suami istri. Pasangan yang baru menikah terutama, mereka akan melakukan segala cara untuk memperoleh anak. Ada yang mengusahakan secara wajar dengan berkonsultasi dengan para ahli dibidang kebidanan namun tidak sedikit pula yang mengusahakan kehamilan dengan cara-cara menyimpang. Contoh dari usaha yang menyimpang dalam mengusahakan kehamilan adalah dengan berkonsultasi ke paranormal atau dukun. Ada yang minta dijampi-jampiin biar bisa hamil, dipijitin, dimadiin dengan kembang 9,5 rupa, dsb. Praktek ke dukun adalah syirik yang berarti menyekutukan Allah, perbuatan tersebut digolongkan kedalam dosa besar dan tidak akan diampuni oleh Allah. Naudzubillah.

Tips bagi pasangan yang baru menikah dan sangat pengen punya anak: Pertimbangkanlah matang2 sebelum berkonsultasi dengan orang2 selain pihak medis, karena pada era modern ini praktek syirik semakin halus, mereka berselubung dengan nama alternatif. Para praktek syirik juga mengetahui perkembangan teknologi sehingga kita bisa terkecoh karena kemampuan mereka dalam berteknologi. ini menjadi hal yang membuat kita tertarik dan yakin bahwa mereka tidak menggunakan bantuan dzat gaib dalam menolong kita. So, Think twice dikali 1000 sebelum konsultasi ke dukun, paranormal ataupun alternatif.

Kesiapan menjadi orang tua
Banyak orangtua yang mempunyai anak tapi menyia-nyiakan, membiarkan amanah Allah tersebut tumbuh tanpa kasih dan sayang, mencubit dan memukul mereka ketika bersalah, menghukum dengan dahsyatnya padahal kesalahan yang mereka buat tidak seberapa dan banyak contoh perwujudan penyia-nyiaan anak lainnya. Sebelum punya anak selalu mengharapkan kedatangan anak, namun setelah punya anak, mereka ditelantarkan. Inilah potret keluarga yang sering kita jumpai dimasyarakat. Naudzubillah.

Tips mempersiapkan diri menjadi orang tua: Apakah anda pasangan suami istri telah menyiapkan diri untuk menjadi orang tua? Kalau belum, sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan cara mengikuti seminar atau workshop parenting, membeli buku2 tentang parenting, persiapkan diri sebaik mungkin sehingga ketika anda dianugerahi anak, anda tidak menyia-nyiakan amanah Allah tersebut.

Masa kehamilan
Apakah anda pasangan yang sedang menunggu hadirnya seorang baby kecil yang imut dan lucu? Apa saja yang anda lakukan selama hamil? Yak, masa kehamilan adalah masa yang penting bagi janin, tingkah laku ibu dan segala kebiasaanya akan berpengaruh ke janin. Marah, sedih, ngegossip, dan sifat2 buruk lainnya secara tidak langsung akan mempengaruhi ke baby yang akan dilahirkan nanti.

Tips selama masa kehamilan: Jagalah tingkah laku selama masa kehamilan. Berikanlah treatment2 kepada janin dengan sering mengaji, mendengarkan murottal, mengikuti majelis ta’lim, mengajak janin tersebut berbicara (walaupun si janin belum lahir, percayalah dia bisa memahami apa yang kita rasa dan katakan), memberikan asupan gizi yang lebih.

Ini Anak anda atau siapa ya
Kenalkah anda dengan Anak anda? Apakah anda mengetahui karakter anak anda. Banyak orang tua yang tidak mengenal anaknya, mereka hanya kenal dengan mukan dan fisik namun tidak paham dengan sifat dan karakter anaknya sendiri. Bagaimana mungkin anda mengenal anak anda jika anda hanya disibukkan dengan rutinas kerja. Bagaimana mungkin anda mengenal anak anda jika hari2 anak anda lebih banyak dengan baby sitter atau di rumah penitipan anak.

Tips megenal karakter anak anda: Seringlah bergaul dengan anak. Perhatikan setiap perkembangannya. Anda bisa mencatat setiap perkembangannya dalam sebuah buku khusus, memotretnya ketika baru saja bisa berjalan atau duduk, memvideokan moment2 lucu dsb. Ajak anak anda bicara, walaupun masih kecil tapi ini adalah salah satu cara anda dalam membiasakan mereka terbuka kepada anda. Luangkan waktu lebih banyak kepada anak. Berikan porsi pengasuhan anak secara seimbang antara bapak dan ibu. Jangan biarkan anak anda menjadikan baby sitternya manggantikan posisi anda.

Sudut Pandang
Anak anda nakal, badung dan menjengkelkan. Suka berlari disekeliling rumah tanpa ada arah yang jelas. Suka menggangu dan menjaili adiknya. Cerewet dan tidak henti2nya bicara. Yak, terkadang sifat2 seperti ini sangat menjengkelkan. Membuat orang tua menjadi kesal dan hilang kesabaran dan ini sangat sering kita jumpai dalam keluarga2 disekitar kita. Kenapa kesabaran kita hilang begitu cepat ketika menghadapi anak2 seperti ini? Hal ini disebabkan karena sudut pandang orang tua yang sempit, sudut pandang orang tua yang selalu mengganggap sifat2 keaktifan anak sebagai suatu yang negatif.

Tips Merubah sudut pandang: Saya pernah mengikuti sebuah seminar parenting yang dibawakan oleh Ayah Eddy. Saya mendapat ilmu dari seminar tersebut. Dan saya mau share disini, semoga bermanfaat. Jika anak kita suka berlari dan aktif, janganlah menganggap anak kita itu nakal, rubahlah sudut pandang anda. Jadikan berlari itu sebagai hal yang positif, mungkin anak anda memiliki bakat berlari yang tinggi. Jika anda mengarahkannya dengan baik, bisa jadi anak anda menjadi seorang atlet lari yang akan mengharumkan negara ini. Jika anak anda suka mencoret dinding rumah, jangan bilang kalo anak anda itu bandel dan badung. Rubahlah sudut pandang anda, mungkin saja anak anda memiliki bakat dalam melukis, coba arahkan dengan baik, mungkin saja kan anak anda nantinya akan menjadi pelukis ternama yang akan mengalahkan Leonardo Davinci.

Orang tua Gaptek
Teknologi sangat berperan banyak dalam kehidupan di era modern ini. Lengah dengan teknologi sebentar saja anda akan ketinggalan. Dengan zaman yang serba on-line seperti sekarang ini, informasi akan sangat gampang didapat. Informasi tersebut bisa positif dan bisa negatif.
Daya serap manusia berbanding terbalik dengan umur. Anak memiliki daya serap yang tinggi sedangkan orangtua semakin berumur akan semakin susah menyerap informasi. Hal ini sangat berpengaruh kepada perkembangan anak. Anak anda akan menjadi semakin bagus jika diberikan informasi2 positif sementara itu anak anda akan berubah menjadi semakin buruk jika selalu mengkonsumsi informasi2 negatif. Bagaimana anda mengotrol informasi yang masuk ke anak jika anda tidak menguasai teknologi?

Tips agar menjadi orang tua yang sophisticated: Agar anak anda aman dari dampak buruknya teknologi anda harus memiliki pengetahun yang cukup mengetahui setiap perkembangan teknologi. Rajinlah membaca tentang up-date terbaru teknologi. Jangan sampai anak bisa mengecoh anda karena anda gagap dalam teknologi. Kontrol setiap produk teknologi yang anda berikan kepada anak. Pantaulah secara berkala perkembangan anak baik di rumah maupun didunia maya seperti situs jejaring social seperti FB, FS dsb.

Oke demikian tips dari saya mengenai anak dan perkembangannya. Saya juga mau mengucapkan selamat berbahagia kepada Mas bayu dalam menyambut 1 tahun pernikahan dan ulang tahun ke-20 istrinya. Semoga selalu menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah, semoga diberkahi keturunan yang sholeh dan sholehah. Amin.

Semoga tulisan ini juga bermanfaat bagi yang membacanya. Silakan juga menambahkan bagi teman2 yang punya ide atau tips lainnya di komentar. Terimakasih.

About these ads

3 responses to “Tips: Mengenal Karakter Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s