Tips Menjadi Suami yang Baik

rose

Keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah… Yah, sebuah keluarga yang diinginkan oleh setiap pasangan suami istri. Tapi bagaimana cara meraihnya…sebagian orang bilang susah untuk mewujudkannya, sebagian orang bilang gampang dan sebagian lagi bilang gampang-gampang susah… hmmm, menurut saya…keluarga sakinah mawaddah dan warahmah dapat diraih apabila suami sebagai kepala rumah tangga memiliki dan memainkan perannya dengan sesungguhnya. Suami adalah teladan didalam keluarga. Setiap tingkah laku suami akan diikuti oleh istri dan anak-anaknya. Jika suami tidak berperilaku baik maka keluarganya akan terjerumus ke hal yang tidak baik. Jika suami berperilaku baik maka baiklah keluarga itu. Sayangnya, tidak semua suami mengerti dengan hal ini. Banyak suami yang mementingkan egonya dan kurang memperhatikan apa sebenarnya keiginan istri dan keluarganya. Naudzibillah…

Perlakukanlah istri dengan baik

Perlakukanlah istri dengan manis. Tidak ada salahnya membantu istri membersihkan rumah, mencuci piring, mencuci pakaian bahkan menyetrika pakaian. Lakukanlah semuanya bersama-sama. Dengan melakukannya bersama akan mempererat rasa kasih-sayang dan merperkuat rasa saling-memiliki. Kebersamaan adalah hal yang sangat penting dalam berumah tangga.
Perhatikan cara berkomunikasi dengan istri. Jangan pernah membentak, berteriak, berkata kasar kepada istri. Kalau ada sesuatu yang tidak mengenakkan, bicarakanlah dengan baik. Yang harus diketahui oleh para suami adalah mencari waktu yang tepat untuk membicarakan suatu masalah kepada istri. Jangan membicarakannya disaat istri sedang dalam keadaan kesal.
Istri perlu didengarkan. Dengarkan setiap pembicaraan istri. Istri akan merasa hampa ketika setiap pembicaraannya tidak pernah didengarkan. Jangan pernah menyela pada saat istri bicara. Berikan keleluasaan kepada istri dalam berbicara dan dengarkan. Jika sudah selesai, barulah berikan tanggapan.
Jangan pelit dengan kata-kata sayang. Banyak suami yang tidak bisa mengatakan kata “sayang” kepada istrinya sedangkan wanita adalah makluk tuhan yang suka dimanja, disayang, disanjung dan dipuji. Ketika kata-kata itu tidak terucap dari suaminya, istri akan merasa hampa, istri akan melalui rumah dengan kehidupan rumah tangganya dengan rasa yang tawar. Jadi berikanlah pujian, sanjungan dengan jujur dan tulus kepada istri.
Didalam keluarga diperlukan keromantisan. Istri sangat suka menyukai sesuatu yang romantis. Apa itu romantis? tidak semua suami tau apa itu romantis. Romantis bukanlah sesuatu yang selalu berhubungan dengan percintaan, memberikan bunga, candle light dinner atau lainnya. Tidak. Bagi istri, sebuah perhatian yang kecil bisa menjadi romantis. Menemani istri ke pasar untuk berbelanja dan menolongnya membawa belanjaan adalah sebuah keromantisan. Membantu istri dalam mengupas kentang pada saat memasak adalah keromantisan.

Humor
Didalam rumah tangga diperlukan humor. Suami harus bisa memberikan guyonan dalam beruma tangga agar bisa membuat suasanan menjadi ceria dan penuh kehangatan.

Untuk sementara ini dulu tipsnya…semoga bisa menjadi suami yang baik🙂

2 responses to “Tips Menjadi Suami yang Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s