Mutiara: Hikmah di Balik (Keberkahan) Kerja

Banner-kba

Beberapa hari yang lalu maen ke blog nya pak dhe, terus ada yang membicarakan tentang lomba mengulas tulisan yang diselenggarakan oleh sosok itu, segera saya menelusup ke blog nya sosok itu sebagai penyelenggara, ternyata banyak tulisan yang menarik sehingga saya jadi tertarik untuk ikut mengulas nya,tulisan yang mau saya ulas adalah Mutiara: hikmah di Balik (Keberkahan) Kerja.

Sangat terasa senang dan bahagia jika mendapat kesempatan bekerja si sebuah perusahaan atau tempat kerja dengan lingkungan yang kental nuansa keislamannya. Selain mendapatkan materi, kita juga mendapat kesempatan besar untuk menuai pahala dan barokah, pengetahuan keislaman pun juga akan semakin bertambah kian harinya.

Tapi bagaimana dengan saudara kita yang ternyata mendapatkan pintu rezeki yang lingkungan kerja nya masih jauh dari keislaman. Bagaimana sikap yang harus diambil bila berada di posisi ini?

Bekerja di lingkungan yang non islami bukanlah keiinginan setiap orang muslim, namun jika Allah yang maha kuasa memberikan salah satu nikmatnya untuk bekerja dilingkungan tersebut, hanya rasa syukur lah yang pantas terucap dari lisan seraya tetap menjaga diri secara fisik dan hati. Bekerja dilingkungan non islami bukan berarti bekerja di tempat terlarang yang penuh dengan dosa dan maksiat seperti lokalisasi atau kasino. Bekerja dilingkungan non islami yang dimaksudkan disini adalah bekerja lingkugan yang diisi oleh orang-orang non muslim atau orang yang menjadi muslim yang hanya dijadikan pelengkap di selembar kertas kecil sebagai identitas. Banyak ujian yang akan dirasa, mulai dari sentuhan fisik dengan lawan jenis yang tak sengaja terjadi, menjaga diri dari kehalalan makanan yang meggoda selera yang dibawa dari teman yang baru saja pulang dari luar negeri, hingga penjagaan hati agar selalu suci dan tak ternoda dari penyakit paling berbahaya yang ada didunia ini yaitu penyakit hati. Walaupun keliatan sepele, tapi hal-hal seperti ini sangat mempengaruhi kehidupan dan kebiasaan seorang muslim. Jika tak pandai mengendalikan diri dan hati, begitu banyak dosa akan terdulang yang tak akan mampu membalancekan tabungan amal pahala yang terbuat.

Bagaimana mengambil hikmah bila kejadian (bekerja di lingkungan non islami) kita alami?

Allah sangatlah menyayangi hambanya dan Allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambanya. Jika Allah memberikan kesempatan ini kepada kita, berarti Allah sangat menyanyangi kita. Manfaatkanlah kejadian ini sebagai pemacu dan pemicu semangat untuk selalu meningkatkan amal pahala dengan cara memberikan inspirasi kepada muslim lain disekitar lingkungan kerja tadi untuk menjadi muslim sejati. Jadilah muslim sejati yang memegang kokoh prinsip-prinsip syariah islam. Beranilah mengatakan tidak untuk makanan yang diragukan kehalalannya, jagalah kontak fisik yang mungkin terjadi dengan rekan kerja yang berlawanan jenis, beranikan diri untuk meminta izin ketika masuknya waktu sholat walaupun meeting dengan rekan kerja. Selalu niatkan dengan menjadikan pekerjaan sebagai ibadah. Berikan pengertian yang konperehensif kepada teman non muslim akan prinsip yang kita pegang. Buat orang-orang non muslim menghormati agama Allah. Dan jangan pernah takut untuk membela agama Allah, jangan pernah takut dengan siapapun, karena yang wajib ditakuti adalah hanya Allah semata.

Kita harus belajar dari ikan yang hidup di laut. Daging Ikan yang hidup dilaut atau air asin tidak terasa asin padahal ikan tersebut menghabiskan seluruh umurnya di dalam air yang asin. Ikan tersebut tidak terkontaminasi asin nya air laut. Jadilah muslim sejati walaupun berada ditengah lingkungan yang non islami jangan pernah terkontaminasi oleh kebiasaan rekan kerja non muslim yang banyak tidak sesuai dengan syariah islam.

Semoga kita selalu menjadi muslim sejati yang selalu menegakkan agama Allah. Amin.

Maka nikmat ALLAH yang manakah yang kamu dustakan?

Demikian ulasan dari saya, semoga bermanfaat bagi diri saya sendiri, semoga bermanfaat bagi setiap pembaca yang membaca ulasan ini.🙂

5 responses to “Mutiara: Hikmah di Balik (Keberkahan) Kerja

  1. keren!! Uda keren.. Hmm.. Ani ndak sabar menunggu tulisan uda berikutnya🙂 terus menulis dengan hati ya uda.. Sukses utk kuisnya ya uda. Ganbatte!🙂

    • ^_^ saya bikinnya sampe png bang, tapi ga tau juga mungkin pas abang buka ada masalah jaringan jadinya error,,,kalo gitu saya coba ganti link nya dengan yang baru ya…mudah2an ga error lagi ya bang…(maklum aja ya bang, saya baru di dunia blogger, jadi harus banyak belajar lagi,,,terimakasih sarannya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s