Sharing: Doa…

Mo share isi pengajian yang saya hadiri tadi malam, semoga saja bermanfaat bagi temans semua. Semalam topic pembahasannya adalah mengenai surat Al-Baqarah ayat 186. berikut ayatnya:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah),
bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa
apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala
perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu
berada dalam kebenaran.”

Apapun yang kita minta, mintalah kepada Allah. Karena Allah akan mengabulkan permohonan setiap hambanya. Dan agar doa dikabulkan oleh Allah, ada adab-adab yang harus diikuti yaitu:
1. Berdoalah dengan suara yang lembut
Mintalah segala sesuatu kepada Allah dengan menggunakan suara yang lemah lembut. Logikanya, kita selalu meminta tolong kepada orang lain dengan suara yang lembut, menjaga hati orang tersebut agar dia mau menolong kita, begitu juga dengan meminta kepada Allah, lakukanlah dengan lembut, mengemislah kepada Allah karena Allah Maha Kaya dan Maha Kuasa dan kita adalah mahklukNYA yang lemah yang disetiap detik kehidupan membutuhkan pertolanganNYA.
2. Berdoalah dengan rendah hati dan tulus
Mintalah sesuatu kepada Allah tanpa ada rasa kesombongan. Ingat lah selalu bahwa kita manusia merupakan mahkluk lemah yang tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa pertolongan Allah.

Selanjutnya ada beberapa 4 hal yang menyebabkan doa kita tidak diijabah oleh Allah, yaitu:
1. Menyekutukan Allah (syirik)
Syirik adalah dosa besar yang tidak diampuni oleh Allah. Banyak praktek syirik dilingkungan sekitar kita yang masih terlihat sampai sekarang. Membuat tumpeng dan menghanyutkan ke laut sebagai rasa syukur, duduk dibawah pohon tua untuk mencari petunjuk, meminta pertolongan dengan mengunjungi pemakaman dll, adalah wujud dari syirik. Praktek ini akan mengakibatkan doa kita tidak akan dikabulkan oleh Allah.
2. Durhaka pada Orang tua
Melawan kepada orang tua, memaki dan mencaci orang tua adalah wujud dari durhaka pada orang tua. Hal ini juga sangat dibenci Allah sehingga doa kita tidak akan dikabulkan oleh Allah.
3. Memutuskan silaturrahim
Dengan tidak mau lagi berteman atau memutuskan hubungan dengan orang lain tanpa ada penyebab berarti kita telah melakukan sesuatu yang tidak disukai Allah. Ini juga akan mengakibatkan doa kita tidak dikabulkan Allah.
4. Mendzolimi orang lain
Memusuhi orang lain, menganiaya orang lain, mengunjingkan orang lain berarti telah mendzolimi orang lain. Hal ini akan mengakibatkan doa kita tidak akan dikabulkan oleh Allah.

Selanjutnya, untuk berdoa pun ada waktu-waktu yang dintentukan sehingga doa kita dikabulkan oleh Allah, berdoalah pada waktu2 sebagai berikut:
1. Waktu antara Adzan dengan iqamah
2. Waktu selesai sholat tahajud (2/3 malam)
3. Waktu Hujan turun dengan lebatnya
4. Waktu akan berbuka puasa
5. Waktu Dhuha

Allah mengabulkan doa kita dengan berbagai cara:
1. Langsung mengabulkan apa2 saja yang kita minta
2. Mengabulkan doa kita dengan mengganti dengan yang lain. Maksudnya, jika kita ingin meminta agar anak kita menjadi seorang dokter namun Allah menjadikan anak kita seorang insinyur. Ini adalah doa yang dikabulkan oleh Allah tapi diganti dengan yang lain. Artinya Allah Maha tahu sehingga Allah lebih mengetahui apa yang terbaik untuk anak kita.
3. Mengabulkan doa kita dengan menundanya. Ini berarti kita harus bersabar menunggu hingga doa tersebut dikabulkan. Contoh ini bisa dilihat pada kisah Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim dianugerahi anak ketika berumur lanjut padahal istri beliau pun mandul. Berkat kesabaran Nabi Ibrahim dan istri sehingga Allah mengabulkan doa mereka.

Demikian yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi saya dan bagi siapa saja yang membaca tulisan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s