Tips Audit : Mind Mapping

Mind mapping adalah sebuah metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Memudahkan setiap orang dalam mengingat dan memahami sebuah konsep baik dalam pembelajaran di sekolah maupun menyelesaikan sebuah kasus dalam perusahaan.

Teknik mind mapping ini ditemukan oleh Tony Buzan seorang ahli kecerdasan.

Teknik ini pun sangat bagus diimplementasikan untuk pelaksanaan audit.

Menurut saya caranya seperti berikut:

  1. Ambillah sebuah kertas polos berwarna putih (misal kertas A4)
  2. Siapkan spidol atau alat tulis warna warni
  3. Tentukan project audit apa yang akan dilaksanakan
  4. Buat judul project dibagian tengah kertas
  5. Buat cabang pertama dengan menggunakan spidol warna biru dengan nama departemen Auditee. Tentukan nama-nama auditee yang akan ditemui. Buat cabang lainnya dengan membuat no telp atau no kontak auditee. Silakan tambahkan cabang lainnya sesuai yang ada di pikiran anda.
  6. Buat cabang lainnya dengan spidol warna yang berbeda mengenai schedule pelasanaan audit, kapan pembukaan, notification dan audit closingnya. Dll.
  7. Buat cabang lainnya dengan spidol warna yang berbeda seperti preliminary survey dengan cabang SOP, flow chart, previous report, dan lainnya
  8. Buat cabang lainnya dengan spidol yang berbeda mengenai meeting pembukaan dengan auditee. Buat cabang kecil seperti perkenalan dengan auditee, introduction to current process. Dll.
  9. Buat cabang utama lainnya dengan spidol yang berbeda seperti risk mapping. Buatlah cabang kecil dari risiko apa saja yang mungkin terjadi didalam proses yang sudah ketahui pada langkah sebelumnya, penentuan risk rating. Dll.
  10. Buat cabang utama lainnya dengan spidol yang berbeda mengenai data-data apa saja yang dibutuhkan, langkah-langkah dan cara menganalisa data. Dll.
  11. buatlah cabang utama lainnya dengan spidol yang berbeda untuk reporting. Penyesuaian format laporan, tata bahasa, editing dan reviewing. Dll.

Demikian. Semoga bermanfaat.šŸ™‚ silahkan menambahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s