Tips: Hilangkan Stress Dengan Berkebun

Beberapa ahli berpendapat bahwa berkebun dapat menghilangkan stres. Menurut saya penelitian tersebut ada benarnya. Berikut saya share kegiatan berkebun yang kami lakukan belakangan ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Beberapa minggu yang lalu, saya tidak memiliki aktivitas yang terlalu banyak. Sepulang kerja saya duduk sambil minum kopi dengan istri tersayang. Pada saat mengobrol dengan istri, istri saya mengajak untuk berkebun. Sudah scenario Allah, ada lahan kosong dibelakang rumah yang kami tempati saat ini. Awalnya saya enggan untuk berkebun, saya tahu semak yang tinggi dan banyaknya nyamuk membuat saya enggan untuk berkebun.

Tidak lama berselang, istri saya mengajak saya untuk membeli tanah. Istri tersayang memang suka menanam bunga. Namun kendala menanam bunga adalah tidak tersedianya tanah yang subur disekitar komplek. Kami harus membeli tanah jika ingin menanam bunga. Kita sudah membeli beberapa karung tanah, dan kenyataannya tanah tersebut tidak cukup sehingga harus membeli beberapa karung lagi. Mengingat tanah yang dibutuhkan cukup banyak dan jika dibeli akan menghabiskan uang yang cukup banyak. Akhirnya saya berinisiatif untuk membersihkan lahan kosong dibelakang rumah agar tanahnya bisa dijadikan untuk menanam bunga.

Saya membersihkan lahan kosong di belakang rumah dengan mencabuti rumput. Kami belum memiliki peralatan berkebun seperti cangkul di rumah. Satu per satu rumputnya dicabuti. Dan setelah 15 menit berkebun, lahan kosongnya mulai bersih. Dan sepertinya lahan tersebut pernah ditanami atau setidaknya ada orang yang pernah bercocok tanam karena pada saat saya membersihkan, terdapat tanah-tanah yang terbungkus karung dan karung pembungkusnya sudah lapuk. Alhamdulillah, tanah yang didapat lumayan banyak. Ternyata dengan adanya tanah subur disekitar kita adalah sebuah rahmat dan nikmat yang besar dari Allah. Dengan banyaknya tanah yang kami temukan, kami jadi tidak membeli tanah lagi. Alhamdulillah.

Ternyata lahan kosong yang dibersihkan tadi lumayan luas. Dan memang sebelumnya kami memang pernah meminta bibit cabe. Bibit yang kami minta hanya kami tanam didekat polybag yang berisi bunga. Kian lama bibit cabe tersebut tumbuh semakin tinggi. Akhirnya timbul ide untuk menanam cabe tersebut di lahan kosong yang sudah dibersihkan tadi. Satu persatu lahan tersebut kami tanami dengan pohon cabe. Selain itu, istri saya juga pernah memasukkan cabe rawit bekas makan gorengan di halaman depan. Cabe tersebut juga tumbuh dan mulai meninggi. Cabe rawit tersebut juga dipindahkan ke lahan kosong. Jadilah lahan kosong tersebut menjadi kebun cabe. Alhamdulillah.🙂

Selain itu, kami juga menanam tomat. Waktu lebaran idul fitri beberapa bulan yang lalu, kami mudik ke kampung halaman. Ada tanaman tomat yang buahnya kecil-kecil tapi rasanya manis. Orang tua kami bilang kalau tanaman itu namanya tomat cherry. Kami membawa buah tomat cherry tersebut, sesampai dirumah, sebagian tomat tersebut dibibitkan dan alhamdulillah tomat tersebut tumbuh. Kita menanam tomat tersebut dengan menggunakan polybag.

Saya juga menanam singkong dibagian pinggir lahan kosong yang telah disulap menjadi kebun mini tadi. Menyenangkan. Pernah pada saat saya pulang kerja saya menderita sakit kepala yang cukup menyiksa. Mungkin sakit ini disebabkan karena urusan kerja. Setelah istirahat sebentar, kemudian saya mengajak istri untuk berkebun. Alhamdulillah, sakit kepala saya hilang. Saya pernah membaca bahwa berkebun bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres. Dan sekarang terbukti bahwa berkebun memang bisa mengatasi rasa stres. Namun yang paling saya yakini adalah, setiap penyakit itu disembuhkan oleh Allah SWT.

Demikian. Semoga bermanfaat J

Leave a Reply

