PERSIAPAN MENUJU KEMATIAN

Saya mau share mengenai isi khutbah jumat yang saya dengar tadi. Selain dari isi khutbah khatib, ada beberapa hal yang saya tambahkan dan Semoga bermafaat.๐Ÿ™‚

Khatibnya memberi judul khutbahnya dengan PERSIAPAN MENUJU KEMATIAN.

Jika kita diberikan jatah umur oleh Allah hingga 45 tahun dan andaikan kita saat ini sudah berumur 40 tahun maka jatah umur yang tersisa adalah 5 tahun lagi, jika hari ini kita telah berumur 44 tahun dan berarti sisa umur kita adalah 1 tahun lagi. 1 tahun adalah waktu yang singkat. Tanpa terasa, detik demi detik, minggu demi minggu dan 1 tahun pun berlalu. Tanpa terasa ajal sudah didepan mata. Bagaimana persiapan kita untuk menjelang kehidupan yang hakiki tersebut?

Apa saja persiapan yang telah kita lakukan untuk menyambut kematian yang bisa saja datang tanpa ada aba-aba terlebih dahulu. Sudahkan kita melakukan amalan-amalan yang disukai oleh Allah. Sudahkan kita berpuasa, berinfaq, bershodaqoh atau berzakat. Bagaimana dengan sholat wajib kita? Jangan-jangan sholatpun tidak dilaksanakan. Seberapa banyak amalan-amalan yang ternyata tidak disukai oleh Allah telah kita kerjakan hari ini? Seberapa banyak dosa yang telah kita perbuat bulan ini?

Maksiat apa yang kita lakukan hari ini? Halalkah makanan yang kita makan? Adakah praktek syirik yang kita lakukan hari ini? Sudahkan kita bertobat akan dosa-dosa tersebut?

Sudahkah kita mempunyai jawaban untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan oleh malaikat munkar dan nangkir? Jawaban apa yang kita berikan ketika sang malaikat bertanya โ€untuk apa saja waktumu di dunia? Darimana engkau dapatkan semua hartamu di dunia? Sudahkan kamu berbakti kepada orang tuamu?โ€

Seberapa siapkah kita menjawab semua pertanyaan diatas.

Mari bertanya ke hati kecil kita, tanyakan semua pertanyaan diatas kepada diri kita sendiri. Mari berintrospeksi setiap hari. Mari kita renungkan apa saja yang telah kita lakukan hari ini. Apakah ada dosa yang sengaja ataupun tak sengaja tercipta dari tangan, kaki, mata, mulut dan telinga kita. Bertobatlah, bertobatlah dengan sepenuh hati untuk mendapatkan keridhoaan Allah semata.

Mari kembali kepada fitrah kita sebagai manusia yang lemah. Manusia yang kecil. Manusia yang tidak bisa apa-apa tanpa pertolongan Allah. Allah lah tempat kita bergantung, tempat kita memohon, tempat kita berpasrah diri. Larilah kepada Allah, mengadulah kepada Allah, menangis dan meminta ampunlah kepada Allah dengan hati yang ihklas dan tulus. Semoga Allah selalu mengampuni semua dosa kita. Semoga rahmat Allah selalu tercurah kepada kita. Amin.

Semoga bermanfaat.๐Ÿ™‚

One response to “PERSIAPAN MENUJU KEMATIAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s