Konsep dan Prinsip

Hidup adalah suatu nikmat Allah. Allah memberikan setiap hambanya kesempatan untuk hidup dengan tujuan agar setiap hambanya beribadah kepadaNya. Allah tidak memerlukan hamba, sebaliknya hamba lah yang membutuhkan dan tergantung kepada Allah.

Setiap orang menginginkan hidup dengan baik, damai, sejahtera dan bahagia. Untuk memperoleh semua hal tersebut dalam hidup tentunya membutuhkan sebuah perencanaan hidup. Perencanaan hidup wajib disusun dengan matang dan memiliki konsep yang jelas. Kejelasan sebuah kosep hidup hanya ada pada sebuah kitab, Al-quran.

Dengan mengikuti konsep hidup yang dijelaskan dalam al-quran, insyaallah kedamaian, ketenangan dan kebahagiaan akan diraih dalam hidup. Konsep tersebut harus benar-benar dipahami sehingga ia menjadi kokoh tertanam dalam hati. Al-quran menjelasakan konsep Tauhid, berhubungan dengan orang tua, berhubungan dengan sesama manusia, makanan baik dan buruk serta segala hal dalam hidup yang diatur dengan sedemikian rupa untuk menciptakan keselarasan dan keseimbangan dalam hidup. Konsep yang sempurna yang hanya diberikan kepada sebuah kaum yaitu kaum nabi Muhammad.

Pemahaman yang baik akan konsep-konsep dalam al-quran akan melahirkan sebuah prinsip hidup. Ketika konsep tersebut berhasil terwujud menjadi prinsip hidup disitulah terciptanyanya keseimbangan hidup sehingga dibutuhkan komitmen yang kuat untuk tetap menjalankan konsep tersebut. Akan banyak halangan, godaan, ujian dan rintangan dalam mempertahankan prinsip tersebut. Namun ketika sebuah rintangan bisa dilewati, insyaallah kenikmatan besar akan terasa, tingkat pemahaman masalah akan semakin meningkat, sudut pandang penyikapan hidup akan semakin luas, kesabaran dan kelapangan hati akan meluas dan semua akan dijalani dengan keikhlasan.

Wallahualam. Semoga bermanfaat🙂

4 responses to “Konsep dan Prinsip

  1. Akidah adalah konsep pertama yang harus dipahami secara lurus dan benar oleh seorang muslim. Akidah yang lurus akan membawa kita kepada pelaksanaan ibadah yang benar dan akhlak yang mulia. Banyak onak dan duri dalam melaksanakan agama Allah dengan benar dan lurus. Namun nabi tercinta Rasulullah SAW selalu memberikan kabar gembira bagi siapa saja yang mau menempuh jalan ketakwaan akan mendapat ganjaran yang tak terkira yakni Surga Allah. Makasih uda sudah mengingatkan dengan tulisannya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s