Tahun Baru 2012

Hadits dari sahabat Rasulullah:

”Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia akan menjadi bagian dari kaum tersebut”

Seringkali kita membaca atau mendengarkan hadits tersebut. Saya sendiri tertarik untuk memposting hadits sebagai pengingat bagi setiap muslim yang membaca tulisan ini.

Bulan desember adalah bulan penghujung setiap tahun penanggalan masehi. Ramai orang merayakan pergantian tahun baru, tidak saja orang-orang non muslim, namun para saudara kita yang muslim pun tak luput dalam menyambut tahun baru tersebut. Mereka turut bergembira dalam gegap gempita Kembang api dimalam tahun baru. Sebagian ada juga yang membuat acara makan bersama atau hanya sekedar memanggang jagung didepan halaman rumah dimalam tahun baru.

Dari hadits diatas, insyaallah kita bisa langsung memahami maksud yang terkandung dalam hadits diatas. Jika kita meniru-niru perbuatan suatu kaum, kelompok atau orang-orang yang melakukan segala sesuatu yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah berarti perbuatan tersebut terlarang untuk dilakukan. Jika dilakukan berarti kita tidak bedanya dengan kaum atau kelompok yang ditiru tersebut. Dan kita akan termasuk kepada golongan kafir. Naudzubuillah.

Merayakan tahun baru masehi adalah hal yang penuh dengan kesia-siaan. Begadang hingga larut malam, menanti hingga pukul 12 dan dilanjutkan dengan makan-makan akan menyebabkan kita tidur menjelang pagi. Hal ini akan membuat kita bisa Bangun telat sehingga bisa ketinggalan sholat subuh. Perayaan malam tahun baru juga identik dengan maksiat, seperti diketahui bahwa dimalam tahun baru sering diadakan acara-acara dangdutan, acara yang mengeploitasi wanita. Acara tersebut selalu diisi oleh penyanyi wanita yang memakai pakaian ketat dan terbuka. Ada juga sebagian orang yang tidak ragu meneguk minuman keras hingga mabuk pada malam tahun baru. Belum lagi dugem di tempat-tempat hiburan malam yang sangat dekat dengan maksiat. Naudzubillah.

Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah. Semoga kita tidak terjebak dalam perayaan tahun baru ini. Sehingga kita selalu menjadi hamba Allah yang selalu mengingat Allah disetiap detik dan helaan nafas.

Semoga bermanfaat.🙂

3 responses to “Tahun Baru 2012

  1. sepakat uda🙂 semoga kita bisa menjaga diri kita dari kesia-siaan dan hal-hal yang tidak diridhoi Allah, bahkan walau sekedar mengulurkan tangan dan mengucapkan selamat tahun baru. Semoga Allah selalu menolong kita untuk tegas dan istiqamah dalam menjalankan syariat Islam secara keseluruhan bukan sebagian. Amin🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s