MENYEGERAKAN BERBUAT BAIK

Beberapa minggu yang lalu saya mengikuti pengajian di mesjid komplek,

Inti nasehat yang diberikan adalah menyegerakan berbuat baik. Jika kita berniat untuk melakukan amalan baik, lakukanlah segera sebelum:

  1. Datangnya kefakiran

pada saat berkecukupan, lakukanlah kebaikan sebanyak mungkin karena bisa jadi kita tidak bisa lagi untuk melakukan amalan baik karena mengalami kefakiran. Manusia diberi Allah ujian dengan kelaparan, kemiskinan, dll. Jika datang ujian kemiskinan maka tantangan untuk melakukan amalan baik akan semakin berat. Waktunya dihabiskan untuk mencari rezki sehingga tak ada waktu lagi untuk melakukan amalan kebaikan.

  1. Materi berlimpah

alhamdulillah selalu terucap ketika kita menerima rezki yang berlimpah. Namun ujian Allah yang satu ini sering membuat umatnya terlena. Banyak hamba Allah lupa akan kesenangan materi yang berlimpah, ia merasa sombong, tinggi hati dan merasa bahwa semua nikmat yang ia peroleh bukan karena Allah melainkan karena dirinya sendiri, karena ilmunya sendiri sehingga membutakan hati untuk tidak mau lagi melakukan amal baik.

  1. Datangnya usia tua

tua adalah ketentuan Allah yang tidak bisa dihindari. Segeralah melakukan kebaikan sebelum tua datang menghampiri. Ketika tua sudah datang, banyak hal yang susah untuk dilakukan. Ketika mata sudah kabur, telinga sudah tidak bisa mendengar dengan baik, kaki dan tangan sudah tidak bisa digerakkan dan pikunpun menyerang, kita hanya bisa terbaring lemah ditempat tidur sehingga mustahil untuk melakukan amal baik.

  1. Kematian menjemput

siapa yang tau kapan ia meninggal. Jika kita sekarang berumur 50 tahun, dan ternyata ketentuan Allah tentang kematian kita datang diusia 51 tahun maka hanya 1 tahun lagi kesempatan untuk beramalan baik. Namun bagaimana ketika seseorang yang tergolong masih muda semisal 25 tahun, dia masih malas untuk melakukan amal baik karena merasa sehat dan tidak kurang satu hal apapun sedangkan ketentuan Allah untuk kematiannya adalah pada saat umur 25 tahun 1 bulan. Ketika kematian menjemput tak ada lagi yang bisa dilakukan setelah itu. Tak akan ada waktu untuk melakukan perbuatan baik, hanya pertanggungjawaban atas semua amal baik dan buruklah yang akan kita berikan kepada Allah.

  1. Hari kiamat datang

Ketika kiamat datang semuanya akan berhamburan. Gunung-gunung beterbangan, orangtua tidak akan sanggup lagi untuk menolong anaknya, suami tidak akan sanggup untuk membantu istrinya bahkan saking dahsyatnya hari penghabisan, ibu-ibu yang sedang mengandung akan melahirkan anaknya pada saat itu juga karena tingkat stress yang maha dahsyat. Segeralah melakukan amal baik sebelum datanya hari penghabisan.

 

Allahua’lam,

Demikian, semoga bermanfaat.🙂

 

2 responses to “MENYEGERAKAN BERBUAT BAIK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s